Kuliah Tamu dari Thailand

Kuliah dosen tamu dari Thailand ini bertujuan mengenalkan pada mahasiswa tentang negara Thailand, baik masyarakat, ekonomi, social dan politiknya. Kuliah ini merupakan bagian dari perkuliahan Mata Kuliah Politik dan Pemerintahan di Asia Tenggara. Selain itu mahasiswa diharapkan lebih tertarik karena mendapatkan penjelasan langsung dari pengajar dari negara yang bersangkutan.

Pada kesempatan ini, kuliah tamu di sampaikan oleh Abdul Waheed Kamae dari Thailand yang merupakan mahasiswa pascasarjana di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Pengenalan tentang negara Thailand diawali dengan penjelasan tentang sejarah, budaya, agama dan system social yang berlaku di Thailand. Di bidang politik dijelaskan tentang ideology, system kepartaian, system pemilihan umum, system perwakilan serta kedudukan dan peran raja di Thailand.

Dalam kuliahnya Abdul Waheed menjelaskan juga tentang potensi pariwisata yang dimiliki oleh negara Thailand yang menopang pendapatan negara serta keberadaan minoritas muslim di Pattani serta bagaimana  posisi dan perjuangan minoritas Pattani dalam kehidupan politik di Thailand.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *