Studi Ekskursi Mahasiswa HI ke Malaysia

Jurusan Hubungan Internasional Universitas Peradaban melakukan kunjungan ke Kuala Lumpur, Malaysia pada 22-27 Juli 2018. Kunjungan tersebut diikuti oleh mahasiswa, karyawan dan staf pengajar sebagai bagian dari kegiatan studi ekskursi dari program studi Hubungan Internasional, Universitas Peradaaban. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang tugas-tugas perwakilan Indonesia di luar negeri dalam hal ini Kedutaan Besar Indonesia di Malaysia, sekaligus juga memberikan pengalaman kepada mahasiswa kehidupan kampus yang ada di luar negeri dengan melakukan kunjungan universitas di Malaysia dalam hal ini yaitu International Islamic University of Malaysia (IIUM).

Di KBRI Kuala Lumpur mahasiswa diterima oleh staf yang mewakili atase pendidikan dan banyak mendapatkan pembelajaran serta wawasan dan mengetahui berbagai tugas perwakilan, permasalahan hubungan kedua negara, perlindungan warga negara Indonesia (WNI) di Malaysia serta bagaimana perwakilan mengantisipasi dan menyelesaikan berbagai permasalahan antara kedua negara selain itu, pihak kedutaan juga memaparkan kerjasama yang telah terjalin antara kedua negara. Pada kesempatan ini selain menambah wawasan dan berdiskusi, terbuka juga kesempatan magang bagi mahasiswa di seluruh perwakilan Indonesia di Malaysia yang terlebih dahulu ditindak lanjuti dengan pembuatan kesepakatan antara universitas dan atase pendidikan KBRI di Kuala Lumpur.

Pada kegiatan hari berikutnya, rombongan melakukan kunjungan ke IIUM memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang atmosfir akademik di universitas yang sudah lebih maju serta memotivasi mahasiswa untuk studi lanjut di luar negeri. Dalam kesempatan ini para dosen melakukan pertemuan dengan pihak dekan fakultas ilmu sosial dan humaniora serta pihak International office untuk membicarakan rintisan kerjasama bagi dosen maupun mahasiswa seperti joint seminar, pertukaran dosen dan mahasiswa serta kerjasama lain yang memungkinkan untuk dilakukan oleh kedua pihak. Pertemuan ini ditindaklanjuti dengan pembuatan MoU antara kedua belah pihak.

Untuk melengkapi kegiatan studi ekskursi kali ini, mahasiswa juga diajak ke Museum Bank Negara Malaysia. Mahasiswa mempelajari sejarah tentang keuangan dan perbankan Malaysia, kerjasama ekonomi serta perkembangan institusi keuangan Malaysia. Di tempat ini juga mahasiswa mempelajari tentang keuangan syariah melalui media permainan dan pencetakan dan penerbitan mata uang.

Foto bersama delegasi HI Universitas Peradaban dengan Bapak Agus Badrul Jamal, Konselor Bidang Politik KBRI Malaysia
Foto Bersama di depan Ruang Perpustakaan International Islamic University of Malaysia (IIUM)
Foto bersama di depan Gedung Rektorat International Islamic University of Malaysia (IIUM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *